10 Tips Nyaman Menyusui di Tempat Umum

Ibu yang sedang dalam fase menyusui tidak harus merasa terkekang untuk harus selalu berada di rumah. Tentunya ibu menyusui juga tetap bisa beraktifitas seperti ibu-ibu lainnya.

Problemnya, tidak semua tempat bisa jadi area yang nyaman untuk ibu menyusui. Tak semua ibu juga merasa nyaman menyusui di tempat umum.

Berikut tips yang dapat membantu Anda agar tetap bisa memberikan bayi ASI di manapun Anda berada, seperti dikutip dari Today's Parent:
Puting Payudara Indah
1. Ingat, Menyusui adalah Hak Anda
Menyusui di tempat umum bukanlah suatu hal yang ilegal, melainkan suatu hal yang sangat natural. Anda memberikan nutrisi yang paling baik untuk bayi dan sebagai manfaat tambahannya, Anda memberikan pelajaran secara tidak langsung kepada orang lain, baik pria maupun wanita yang kebetulan melihat Anda, tentang betapa pentingnya ASI.

Komisi HAM di Ontario, Kanada menyatakan, "Tidak ada seorangpun yang dapat melarang Anda memberikan ASI kepada bayi Anda hanya karena aAda berada di tempat umum. Mereka tidak sepantasnya meminta Anda untuk "menutupinya", mengganggu Anda, atau menyuruh Anda pindah ke area yang lebih tertutup."

2. Latihan di Depan Kaca
Apabila Anda merasa tidak nyaman menyusui di depan umum, latihan di depan kaca dapat membangun rasa percaya diri yang Anda butuhkan. Bayi yang sedang menyusui menutupi sebagian besar payudara Anda, jadi tidak perlu merasa khawatir. Anda juga dapat bereksperimen menyusui dengan pakaian yang berbeda-beda untuk kenyamanan Anda dan bayi.

3. Pilihlah Pakaian yang Membuat Anda Nyaman
Anda dapat membuat atau membeli pakaian khusus ibu menyusui yang dapat dibuka di bagian tertentu untuk mempermudah proses menyusui. Pilihan lainnya, Anda dapat memakai baju yang agak longgar agar Anda dapat dengan mudah membuka sebagian untuk proses menyusui. Kemeja berkancing juga dapat menjadi pilihan Anda karena dapat dengan mudah melepaskan beberapa kancing saja. Anda juga dapat menggunakan jaket, pashmina, atau cardigan untuk menutupi bagian tubuh yang Anda rasa kurang nyaman apabila terlihat.

4. Gunakan Gendongan atau Tutupan Ekstra
Dengan latihan, Anda Anda dapat menyusui bayi Anda menggunakan berbagai jenis gendongan bayi dan tutupan ekstra di atasnya. Anda bahkan bisa menyusui sambil berjalan. Apabila Anda membuka pakaian dari bagian bawah untuk mempermudah proses menyusui, mungkin Anda bisa menggunakan tank top untuk menutupi bagian perut.

5. Pilih Bra yang Simpel dan Nyaman
Banyak ibu yang lebih memilih untuk memakai sport-bra dibandingkan bra jenis lainnya karena dianggap lebih simpel dan nyaman, terlebih lagi untuk proses menyusui. Apabila Anda menggunakan bra khusus menyusui, Anda dapat berlatih di rumah untuk membuka dan menutupnya dengan satu tangan agar Anda terbiasa melakukannya dengan mudah.

6. Pilih Tempat yang Nyaman Bagi Anda
Ada dua hal yang menjadi syarat tempat ideal bagi Anda, yaitu tempat dimana Anda bisa duduk dengan nyaman dan menopang punggung Anda, dan agak tertutup. Di dalam restoran, Anda mungkin bisa memilih tempat duduk yang agak "tersembunyi", atau apabila Anda sedang berada di mall atau pusat perbelanjaan lainnya Anda dapat memilih untuk menyusui di ruang yang tersedia.

Apabila pilihan-pilihan di atas tidak tersedia, jangan khawatir. Carilah tempat yang cukup luas dan bisa membuat Anda nyaman untuk meletakkan barang-barang Anda. Jangan terlalu mengkhawatirkan pendapat orang lain yang melihat Anda menyusui di depan umum, hal ini lebih baik dilakukan daripada berjalan-jalan sambil menggendong bayi yang menangis terus-menerus.

7. Anda Dapat Berbalik Badan
Ketika sang bayi sedang mecari posisi yang nyaman untuk menyusui, pada saat inilah biasanya payudara Anda dengan tidak sengaja terlihat di depan umum. Misalkan Anda sedang duduk di restoran dan meja Anda terletak di dekat dinding, Anda dapat berbalik badan menghadap dinding tersebut ketika bayi Anda sedang berusaha mencari posisi yang nyaman untuk menyusui. Kemudian ketika sang bayi sudah menemukan posisi nyamannya, Anda dapat duduk kembali seperti biasa.

8. Gunakan Nursing Cover/Apron Menyusui
Sejak beberapa tahun belakangan ini, apron menyusui semakin tren di kalangan ibu-ibu. Bentuknya pun chic sehingga bukan hanya nyaman tapi juga tetap terlihat cantik saat dipakai. Cara menggunakannya pun mudah, cukup kalungkan apron menyusui ke leher, dan letakkan si kecil ke dalam posisi menyusui. Dengan apron menyusui, bayi bisa minum ASI kapan dan di mana saja.

9. Tersenyumlah!
Apabila Anda melihat ada orang lain yang melirik ke arah Anda ketika Anda sedang menyusui di tempat umum, tersenyumlah kepada mereka. Anda sadar betul bahwa Anda sedang melakukan hal yang sangat alamiah dan sangat penting sebagai seorang ibu. Senyuman Anda dapat meningkatkan percaya diri dan membuat orang lain merasa nyaman dengan situasi Anda.

10. Persiapkan Respon Terbaik Anda
Apabila hal yang Anda takutkan terjadi, yakni Anda mendapat komplain dari orang di sekitar Anda, siapkanlah respon Anda terlebih dahulu. Tentu saja sewaktu-waktu Anda merasa terganggu dengan orang asing, dan Anda hanya ingin pergi dari tempat itu, namun ketahuilah bahwa yang Anda lakukan bukanlah merupakan sesuatu yang salah, melainkan merupakan hal yang sangat baik dan alamiah, jadi tidak perlu malu untuk melakukannya di tempat umum.

Arsip Blog